Pemkab Bekasi Dukung Program Pemerintah Pusat dengan Pengadaan Mobil Listrik Sewa

beritamagetan.id/ – Dikutip dari kantor berita Antara, Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan kebijakan ini menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 terkait penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas instansi pemerintah pusat dan daerah.

Menurutnya, penggunaan skema sewa kendaraan listrik kepada pihak ketiga akan menghemat anggaran jika dibandingkan pemerintah daerah harus membeli sendiri.

Penyewaan kendaraan listrik ini dilakukan bertahap, menyesuaikan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) Kabupaten Bekasi.

“Kemungkinan 2023 bisa kami tambah, akan coba dihitung anggaran terlebih dahulu. Kalau tidak memungkinkan akan kami lakukan secara bertahap,” jelas Dani Ramdan.

Ia menyatakan kendaraan listrik memiliki sejumlah keuntungan dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak, di antaranya ramah lingkungan dan lebih efisien dari sisi anggaran bahan bakar.

Sementara soal peresmian Charging Station atau fasilitas pengisian bahan bakar khusus kendaraan listrik, pertama dihadirkan Bank BJB di lingkungan pemerintahan kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Bank BJB Cikarang dan Pemerintah Kabupaten Bekasi juga meresmikan Taman Digital yang menjadi tempat rekreasi dengan menghadirkan berbagai UMKM binaan Bank BJB.

Ada pula program donasi 1.000 tumbler sebagai upaya mengurangi sampah plastik dengan tidak menggunakan minuman kemasan sekali pakai, khususnya di kalangan pelajar.