Bukit Parang Endog, Spot Berburu Sunset Time

beritamagetan.id/

Alamat: Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872Map: Klik DisiniJam Buka: 05.00-18.30 WIB (Senin-Minggu)No. Telp: 0877 3791 0679

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 5.000,-Parkir Motor: Rp 3.000,-Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Bukit Parang Endog adalah salah satu wisata yang berada di Gunung Kidul dan menjadi primadona bagi wisatawan dari berbagai penjuru daerah bukan hanya Jogja saja. Untuk bisa memasuki kawasan Bukit Paralayang ini kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 5ribu saja yang merupakan tiket masuk Pantai Parang Endog.

Perjalananmu menuju Bukit Watugupit ini diawali dengan memasuki TPR Pantai Parangtritis. Di gerbang Pantai itulah kamu membayar tiket retrubusi 5ribu tersebut. Setelah memasuki kawasan Paralayang Watugupit, kamu akan kembali ditarik biaya berupa tiket parkir kendaraan. Untuk sepeda motor 3ribu dan mobil 5ribu.

Parang Endog ini bisa kamu nikmati mulai dari jam 5 pagi sampai dengan jam setengah 6 sore. Sehingga tempat wisata ini cocok sekali untuk menikmati senja hari sambil berburu sunset time bersama orang-orang terdekat.

Tempat wisata ini juga menawarkan kegiatan yang cukup menguji adrenalin yaitu dengan menaiki dan bermain paralayang. Jika tertarik untuk menikmati paralayang ini kamu perlu membayar jasa pendamping profesional sebesar 300ribu-350ribu per orangnya.

Rute Perjalanan

Bukit Parang Endog yang memiliki sebutan lain yaitu Bukit Paralayang Watu Gupit dan Bukit Paralayang Parangtritis ini berlokasi di Desa Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul. Jarak tempuh dari pusat kota Jogja ke lokasi wisata yaitu sekitar 33 kilometer dengan estimasi waktu perjalanan kira-kira 1 jam.

Dari pusat Kota Yogyakarta kamu hanya perlu mengarahkan kendaraanmu menuju Pantai Parangtritis. Rute ke Bukit Parang Endog searah dengan Jalan menuju Queen Of The South Resort arah Panggang.

Berikutnya dari pertigaan, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke arah kanan mengikuti jalan utama ke arah Bukit Paralayang Watugupit. Pastikan kalau keadaan kendaraanmu dalam kondisi prima karena perjalananmu akan melewati banyak tanjakan.

Saat sudah memasuki kawasan Paralayang Watugupit, kamu akan menaiki beberapa anak tangga sampai tiba di puncak Bukit. Saat sudah tiba di puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat menawan dan membuat terpesona.

Supaya perjalananmu semakin lancar, ada baiknya jika kamu menggunakan peta yang sudah kami sertakan di atas melalui aplikasi Google Maps di handphonemu.

Fasilitas Wisata

Walaupun Bukit Parang Endog terletak diatas kawasan perbukitan, namun tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas penunjang lho. Beberapa diantaranya seperti area parkir, toilet, warung makan, dan juga mushola.

Saat sebelum memasuki kawasan Paralayang Watugupit, dibawah kamu akan menemui cafe yang memiliki konsep cukup apik dan keren. Biasanya para pewisata yang berkunjung ke Bukit Parang Endog ini menyempatkan diri untuk bersantai di cafe kece ini.

Popularitas Parang Endog

Pantai Parangtritis adalah salah satu destinasi wisata populer yang ada di Jogja khususnya Gunung Kidul. Ternyata kepopuleran Pantai Parangtritis semakin bertambah dengan adanya Bukit Parang Endog atau banyak orang menyebutnya sebagai Paralayang Watugupit.

Secara geografis Bukit Parang Endog sebenarnya masuk kedalam wilayah Pantai Parang Endog. Nah selain Bukit Parang Endog, Pantai Parangtritis, Pantai Parang Endog, wilayah Gunung Kidul juga terkenal dengan salah satu wisata hitsnya yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo.

Nama Parang Endog dalam bahasa Jawa mempunyai arti sebagai Parang (Batu Karang) dan Endog (Telur). Hal tersebut karena bentuk batu karang di Pantai Parang Endog ini seperti telur. Bukit Paralayang Watugupit memang belom sepopuler Pantai Parangtritis, tapi the power of sosial media mampu membuat tempat ini semakin dijamah oleh orang.

Selain hanya sekadar menikmati suasana atas bukit sambil ditemani oleh angin semilir dari pantai, Bukit Parang Endog ini juga dijadikan sebagai landasan untuk kegiatan berlatih olahraga paralayang lho.

Bahkan Bukit ini pernah dijadikan lokasi penyelenggaraan event bergengsi seperti Jogja Air Show. Para atlet yang lepas landas dari Puncak Parang Endog ini akan mendarat di Pantai Depok dan Pantai Parangkusumo.

Daya Tarik Bukit Watugupit

Perlu kamu ketahui bahwa Bukit ini mempunyai ketinggian mencapai 900 mdpl. Karena berada diatas bukit dengan menyuguhkan pemandangan berupa hamparan pantai, tek heran jika wisata ini kerap dijadikan sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati dan menuju sang senja tenggelam.

Bukan hanya Pantai Parang Endog saja yang bisa memanjakan pandangan matamu, namun ada juga jajaran Pantai lain seperti Pantai Parangtritis, Pantai Selatan, Pantai Depok, hingga Pantai Parangkusumo, ketiganya memiliki keeksotisan berbeda-beda.

Saat sore hari, tempat ini dipenuhi oleh orang-orang yang ingin berburu magic hour, bahkan tak sedikit pengunjung datang dengan membawa pasangannya masing-masing. Wah, sepertinya Paralayang Watugupit ini bisa jadi ide menarik untuk dijadikan tempat ngedate atau menyatakan cinta ya.

Nuansa atas bukit yang sejuk, asri, dan tenang membuat para pengunjung merasa rileks. Sehingga tempat ini cocok sekali untuk dijadikan pelarian dari segala kepenatan pikiran yang ada. Selain menikmati waktu senja, kamu pun bisa turut melihat aktivitas paralayang lho.

Meskipun kamu akan dimanjakan oleh keindahan dan kecantikan dari Bukit Paralayang Watugupit, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi tempat wisata ini. Salah satunya seperti kamu harus menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.