4 Jurus Dapatkan Asuransi Kesehatan Keluarga yang Terjangkau

beritamagetan.id/Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak orang pasti setuju jika biaya pengobatan sering kali menjadi mimpi buruk bagi kondisi keuangan seseorang yang terkena masalah kesehatan. Saat harus menjalani pengobatan di rumah sakit, tidak jarang Anda diharuskan untuk menguras isi tabungan guna membayar tagihannya. Belum lagi, tiap tahunnya biaya kesehatan selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan sehingga masyarakat perlu mempersiapkan pengeluaran tersebut dari jauh-jauh hari.

Salah satu layanan yang bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah keuangan akibat besarnya biaya pengobatan adalah asuransi kesehatan. Dengan produk keuangan tersebut, tagihan rumah sakit yang begitu masif bisa dialihkan ke pihak perusahaan asuransi. Namun, sebagai gantinya, nasabah asuransi kesehatan diharuskan untuk membayar premi dengan nominal tertentu secara rutin.

Karena manfaat perlindungan asuransi kesehatan didapatkan dengan biaya yang mungkin tidak murah, tentu saja Anda perlu menjatuhkan pilihan yang tepat saat memilih layanan tersebut. Terlebih jika Anda ingin memberikan manfaat perlindungan yang terbaik bagi keluarga tercinta. Nah, agar tak sampai salah pilih, simak 4 tips rahasia mendapatkan asuransi kesehatan untuk keluarga dengan harga terjangkau dan manfaat perlindungan terlengkap berikut ini.

1. Ajukan Asuransi Selagi Berusia Muda

Biasanya, besaran premi asuransi kesehatan dipengaruhi oleh umur dan kondisi kesehatan dari pihak tertanggung. Dalam kata lain, jika diajukan saat masih berusia muda, kesempatan untuk mendapatkan biaya premi asuransi yang terjangkau akan menjadi lebih tinggi. Oleh karena itulah mengapa Anda dianjurkan untuk mengajukan polis asuransi sedini mungkin.

Hal tersebut wajar saja karena pihak perusahaan asuransi menganggap orang dengan usia muda memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami masalah kesehatan dibandingkan saat sudah berusia lanjut. Khususnya bagi yang masih berada di rentang usia 25 sampai 30 tahun dan tidak memiliki riwayat masalah kesehatan serius, perusahaan asuransi tidak akan ragu memberikan tarif asuransi rendah. Dengan begitu, beban keuangan untuk memenuhi kebutuhan ini akan menjadi lebih ringan dan tak sampai menggerus alokasi dana bulanan secara berlebihan.

2. Pelajari Seluruh Poin pada Polis dengan Teliti

Tips lainnya yang perlu dipahami agar bisa mendapatkan produk asuransi kesehatan terbaik adalah mencermati seluruh poin pada polis. Hal ini penting untuk dilakukan karena polis asuransi biasanya mencantumkan segala informasi penting seputar layanan tersebut, termasuk, manfaat perlindungan, pengecualian terhadap pengajuan klaim, hingga biaya premi yang harus dibayar setiap bulannya.

Jika ternyata ada poin pada polis yang tak sesuai dengan kesepakatan sebelumnya, tentu Anda bisa mengetahuinya dan mengajukan protes. Sebaliknya, jika ternyata seluruh penjelasan pada polis tersebut telah sesuai dengan yang dijanjikan dan kebutuhan, maka Anda tidak perlu ragu untuk menyetujui pengajuan asuransi tersebut.

Di samping itu, polis asuransi juga turut menyertakan glosarium berisi istilah teknis pada layanan atau cara kerja asuransi. Glosarium tersebut penting untuk dipelajari agar mampu memudahkan Anda dalam menyetujui ketentuan layanan asuransi nantinya.

3. Tidak Hanya Berfokus pada Biaya Premi

Siapa yang tidak tergiur dengan layanan asuransi yang tawarkan biaya premi termurah? Walaupun memang bisa membuat beban keuangan menjadi lebih ringan, tapi fokus Anda dalam mencari asuransi seharusnya tidak hanya pada biaya premi yang terjangkau saja. Tapi, pastikan pula bahwa manfaat perlindungan yang diberikan telah sesuai dengan kebutuhan, tak terkecuali ketentuan dalam mendapatkan layanannya.

Sebagai contoh, ada asuransi yang memberikan manfaat perlindungan berupa perawatan inap sesuai biaya rumah sakit atau limit tahunan, ada pula yang hanya memberikan uang pertanggungan dengan limit harian saja. Untuk yang memberikan limit harian, saat tagihan rumah sakit melebihi uang pertanggungan, nasabah diharuskan untuk membayarkan sisanya dengan dana pribadi.

Karenanya, tidak mengherankan jika asuransi kesehatan dengan limit harian memasang biaya premi relatif lebih murah ketimbang limit tahunan. Jadi, agar tak sampai dirugikan, jangan mudah tergiur dengan produk asuransi dengan biaya yang murah tanpa memperhatikan kualitas manfaat perlindungan yang diberikan dan ketentuan pengajuan klaimnya.

4. Selalu Bandingkan Kelebihan dan Kekurangan Antara Produk Asuransi

Tips terakhir dalam memilih asuransi adalah membandingkan kelebihan dan kekurangan dari produk asuransi yang ditawarkan perusahaan berbeda. Cara ini mampu membantu Anda dalam mendapatkan produk asuransi dengan manfaat paling optimal dan biaya terjangkau. Dengan membandingkan 3 hingga 5 asuransi kesehatan, Anda bisa mencari tahu produk mana yang paling tepat untuk dipilih dengan menyesuaikan kebutuhan serta kondisi keuangan.

Jangan Sampai Salah Memilih Layanan Asuransi agar Tak Menyesal Belakangan

Walaupun pada dasarnya berguna untuk memberikan jaminan perlindungan terhadap berbagai masalah kesehatan dan penyakit, asuransi kesehatan tetap perlu dipilih dengan penuh pertimbangan. Pasalnya, jika sampai salah memilih, bukan tidak mungkin asuransi hanya akan menjadi beban bagi keuangan tanpa memberi manfaat yang jelas. Oleh karena itu, agar mampu mendapatkan produk asuransi kesehatan yang terbaik, pastikan untuk mengikuti tips-tips yang telah dijelaskan di atas.