Blog  

10 Wisata Pantai di Medan dan Sekitarnya, Ada yang Mirip Bali

10 Wisata Pantai di Medan dan Sekitarnya, Ada yang Mirip Bali

Beritamagetan.id – Kota Medan, Sumatera Utara memiliki sejumlah destinasi wisata menarik seperti wisata sejarah, budaya, danau, dan pantai.

Namun, wisata pantai di Medan memang jumlahnya terbatas. Akan tetapi, wisatawan bisa menjumpai obyek wisata pantai di daerah sekitar Medan, seperti, Serdang Bedagai dan Deli Serdang.

Pantai-pantai di Medan dan sekitarnya tidak kalah menarik dengan gugusan pantai di daerah lainnya. Wisata pantai di Medan dan sekitarnya bisa menjadi alternatif obyek wisata bagi masyarakat yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan

Wisata pantai di Medan dan sekitarnya

Berikut wisata pantai di Medan dan sekitarnya seperti dihimpun Kompas.com. Menariknya, ada salah satu pantai yang menyerupai pantai di Bali.

1. Pantai Olo

Pantai Olo merupakan destinasi wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat. Lokasinya berada di Bagan Deli, Belawan, Kota Medan.

Jaraknya dari pusat Kota Medan sekitar 27,6 kilometer (km) dengan waktu tempuh 50 menit berkendara

Tepian Pantai Olo telah dilengkapi fasilitas pagar beton, sehingga kerap digunakan warga untuk memancing. Pantai ini terletak dalam kawasan Pelabuhan Belawan tepatnya dekat dengan dermaga peti kemas.

Selain memancing, aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Olo antara lain menikmati kuliner seafood dan melihat panorama sunset serta sunrise.

2. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara tersohor dengan pasir putihnya sepanjang bibir pantai. Lokasinya berada Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Jaraknya dari pusat Kota Medan 54 kilometer (km) dengan waktu tempuh 1 jam 18 menit. Akses menuju Pantai Mutiara juga memadai untuk dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua.

Mengutip dari Tribun Medan, area Pantai Mutiara ditumbuhi pohon-pohon pinus, sehingga cukup teduh dan asri. Pantai ini juga sudah dilengkapi fasilitas bagi wisatawan seperti mushola, toilet, area parkir, dan tempat kuliner.

3. Pantai Cermin

Pantai Cermin berada Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. Jaraknya dari pusat Kota Medan sekitar 53 km dengan waktu tempuh 1 jam 11 menit.

Pesona Pantai Cermin adalah hamparan pasir putih bersih. Pantai ini merupakan salah satu pantai populer di kalangan masyarakat setempat sehingga tidak pernah sepi pengunjung.

Tak jauh dari lokasi pantai, terdapat Pantai Cermin Theme Park yang menambah daya tarik obyek wisata ini.

4. Pantai Bali Lestari

Pantai ini diberi nama Pantai Bali Lestari lantaran memiliki beberapa ikon Bali, seperti dikutip dari laman Dinas Kominfo Kabupaten Serdang Bedagai.

Misalnya, ada gapura yang bentuknya mirip gapura Candi Bentar, payung pantai, serta kain hitam putih di pepohonan. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat Medan tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk merasakan suasana pantai Pulau Dewata.

Pantai Bali Lestari berada di Mayjen H.T. Rizal Nurdin, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. Jaraknya dari pusat Kota Medan sekitar 53 km dengan waktu tempuh 1 jam 11 menit.

5. Pantai Putra Deli

Pantai Putra Deli berada di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. Jaraknya dari pusat Kota Medan sekitar 54 km dengan waktu tempuh 1 jam 16 menit berkendara.

Mengutip Tribun Medan, pantai ini merupakan lokasi berburu kepah atau sejenis kerang. Selain menikmati panorama pantai, wisatawan berburu kepah di Pantai Putra Deli.

Rata-rata pengunjung Pantai Putra Deli membawa peralatan berburu kepah, seperti piring plastik, sekop plastik, wadah plastik, dan kantong plastik.

Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati aneka seafood. Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, bisa mengajak buah hati ke wahana bermain di area pantai.

6. Pantai Muara Serdang

Ciri khas Pantai Muara Serdang adalah jembatan kayu yang mengarah ke laut. Pantai ini berada di Desa Bagan Serdang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

Dari pusat Kota Medan jaraknya sekitar 31 km, dengan waktu tempuh 1 jam berkendara.

Mengutip Tribun Medan, terdapat pepohonan cemara dan mangrove di kawasan pantai. Keberadaan pohon cemara di Pantai Muara Serdang dimanfaatkan pengunjung untuk piknik di tepi pantai.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Muara Serdang adalah menyusuri tepi laut menggunakan perahu. Pengunjung pantai ini berasal dari masyarakat Sumatera Utara, tidak terbatas warga Deli Serdang saja.

7. Pantai Pondok Permai

Dinamakan Pantai Pondok Permai, karena terdapat pondok untuk duduk pengunjung denga beragam corak dan warna, seperti dikutip dari Dinas Kominfo Kabupaten Serdang Bedagai.

Lokasinya berada di Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. Dari pusat Kota Medan, jaraknya sekitar 53 km, dengan waktu tempuh 1 jam 13 menit berkendara.

Daya tarik Pantai Pondok Permai adalah pepohonan cemara yang asri, deburan ombak yang cukup deras, pasir putih, dan kuliner. Selain itu, ada sejumlah fasilitas penunjang wisata seperti area parkir, restoran, dan mushola.

8. Romance Bay

Pantai Romantis, atau disebut juga Romance Bay berada di Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. Dari pusat Kota Medan, jaraknya sekitar 58 km dengan waktu tempuh 1 jam 27 menit.

Daya tarik Romance Bay adalah keberadaan pondokan atau tempat duduk sederhana di tepi pantai bagi para pengunjung. Pondokan itu tertata dengan hiasan warna warni dilengkapi dengan alas duduk, seperti dikutip dari Dinas Kominfo Kabupaten Serdang Bedagai.

Keberadaan pondokan warna-warni itu memberikan suasana romantis di tepi pantai. Adapula fasilitas jembatan dengan ornamen bentuk hati dan aneka spot foto Instagramable.

9. Pantai Gudang Garam

Jika mendengar nama Pantai Gudang Garam, mayoritas masyarakat akan mengira obyek wisata ini berkaitan dengan perusahaan rokok. Namun, ternyata makna nama Pantai Gudang Garam, adalah gudangnya produk garam, seperti dikutip dari laman Dinas Kominfo Kabupaten Serdang Bedagai.

Masyarakat sekitar pantai banyak yang bekerja sebagai petani garam, sehingga kawasan itu diberi nama Pantai Gudang Garam. Namun, aktivitas itu sekarang sudah berkurang lantaran kawasan pantai berbagi fungsi dengan tempat wisata.

Lokasi Pantai Gudang Garam berada di Desa Kota Pari, Kec. Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. Dari pusat Kota Medan, jaraknya sekitar 52 km, dengan waktu tempuh 1 jam 7 menit.

10. Pantai Klang

Pantai Klang berada di Desa Sei Naga Lawan, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai. Mengutip Tribun Medan, daya tarik pantai ini adalah hamparan pasir putih yang bersih.

Hal mempesona yang lainnya ialah, barisan pohon cemara laut yang tumbuh rapi di sepanjang garis bibir pantai. Fasiltas yang tersedia di Pantai Klang terbilang cukup mempuni.

Terdapat ara parkir luas, warung kecil, gazebo, toilet, dan lainnya yang bisa digunakan wisatawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.